Cara Mengolah Susu Sapi

Manfaat Susu Sapi Murni


Susu sapi murni sangat bermanfaat bagi kesehatan, karena kandungan kalorinya yang cukup tinggi. Dari 100 gram susu murni mengandung 70.5 kcal, dan kandungan proteinnya 3.4 gram dan lemak 3.7 gram. Dengan kandungan kalori dan protein yang cukup tinggi ini susu sapi murni bisa membantu tubuh dalam metabolisma tubuh. Manfaat susu murni ini antara lain:

  1. Menjaga kestabilan tekanan darah. Kandungan mineral dalam susu murni dapat membantu dalam menstabilkan tekanan darah, dengan adanya potasium mampu mengurangi resiko terkena tekanan darah tinggi.
  2. Mencegah resiko terkena serangan penyakit jangung. Dengan aliran darah yang lancar dapat mencegah adanya tekanan darah tinggi.
  3. Mengurangi resiko terkena penyakit gondok. Fungi susu disini membantu dalam menyerap ion Iodium yang disupply dari sumber makanan lain, jadi ion Iondium bukan berasal dari susu itu sendiri, misalnya dengan mengkonsumsi garam dapur yang mengandung iodium.
  4. Membantu meringankan kerja Otak. Otak yang terdiri dari susunan syaraf tentu membutuhkan sumber nutrisi yang dapat membantu kerja syaraf seperti vitamin B, dengan adanya sumber energy dari susu ini dapat membantu dalam tubuh dalam memproses asupan vitamin dan zat lain sehingga dapat melancarkan dalam supply vitamin dan nutrisi ke otak.
  5. Sangat membantu untuk mengatasi Anemia. Dengan kandungan besi dalam susu maka dapat membantu untuk membentuk sel entrosit kebutuhan tubuh.
  6. Susu sapi dapat membantu dalam mengurangi ketegangan kerja otak.
  7. Sangat membantu dalam pertumbuhan gigi dan tulang, jadi bagi bayi dan anak anak fungsi susu sapi ini sangat bermanfaat dalam membantu perkembangan tubuh anak.
  8. Dapat membantu proses penyembuhan bagi yang sakit maupun dalam proses recovery apa bila ada luka baru atau baru melakukan operasi.
  9. Membantu dalam mempertajam penglihatan, jadi dengan adanya asupan vitamin B2 dan juga vitamin A penglihatan mata dapat tetap terjaga agar tetap tajam. Fungsi susu sapi disini adalah membantu menyediakan energi dalam mengkonversi dan menyerap vitamin vitamin yang dibutuhkan tubuh.
  10. Dapat menetralkan zat zat yang beracun. Susu sapi dapat berfungsi dalam menetralkan racun dalam tubuh, terutama jika mengandung logam berat beracun seperti timah, cadmium dan sebagainya.
  11. Mengurangi resiko terkena osteoporosis. Sudah kita ketahui bahwa osteoporosis adalah kekurangan calcium yang menyebabkan mudah patah. Sehingg susu sangat dibutuhkan oleh bayi untuk pertumbuhan tulang, dan lansia untuk membantu menambah asupan kalsium dalam tubuh.
  12. Banyak lagi manfaat lainya dari susu murni yang bersifat minor.

Cara mengolah susu sapi menjadi susu murni


Susu sapi merupakan produk yang mudah rusak sehingga dalam penyimpanannya memerlukan pengolahan awal yang cukup rumit secara biology agar dapat bertahan lama. Cara mengolah susu sapi berdasarkan litarature di Internet adalah seperti berikut ini:

  1. Pertama susu diambil dari sapi dengan cara diperah. Setelah mendapatkan susu perahan, susu hasil perahan dibawa ke kamar susu, lalu disaring. Penyaringan harus dilakukan segera untuk menghindari jangan sampai kuman-kuman yang hinggap pada kotoran di dalam air susu mendapat kesempatan untuk berkembang biak lebih lanjut.
  2. Setelah susu disaring lalu dilakukan penakaran untuk mengetahui jumlah produksi
  3. Biasanya susu sapi perahan dari beberapa ekor sapi tersebut dicampur perlahan-lahan sampai menjadi campuran air susu yang homogen.
  4. Kemudian susu dialirkan ke alat pendingin dengan suhu 10 - 15 celsius selama 2 - 3 jam. Pendinginan air susu memiliki tujuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri sehingga air susu sapi bisa bertahan lama. Atau bisa juga melakukan pasteurisasi terlebih dahulu sebelum susu dialirkan ke alat pendingin agar bila terdapat organisme atau bakteri yang merigikan bisa mati
  5. Cara pendinginan bisa dilakukan dengan menempatkan botol-botol air susu atau susu yang sudah di pak dalam kantong plastik dimasukkan ke dalam bak yang berisikan es. Sedangkan pasteurisasi sederhana dapat dilakukan dengan cara merebus air susu diatas kompor di temperatur 74 celsius selama 6 menit. Perebusan yang terlalu lama atau terlalu panas sampai mendidih dapat menyebabkan rusaknya kandungan kalori dan nutrisi dalam susu, sehingga akan mengurangi manfaat susu bagi tubuh.
  6. Setelah proses pendinginan/pasteurisasi selesai, susu kemudian dimasukkan ke dalam botol kemasan untuk dipasarkan ke konsumen.
Bisa baca resep lainya: Cara membuat susu kedelai

Comments